Langsung ke konten utama

Manfaat Menulis!

*Maricurhatlagi*

Hai blog! Baru selesai UTS nih.. Ckck, ngejalanin UTS selama 2 minggu yang dibarengi pelajaran biasa itu gila berat banget. Pikiran kebagi kemana-mana, mana tugas kelompok banyaknya minta ampun. Hueh sumpah deh SMA bener-bener ngures otak. Katanya SMA masa paling indah, yang ada gue makin galau tuh #skipsaja


Tapi Alhamdulillah yah :D ngerasa diberkahi Allah banget, udah bisa ngelewatin itu semua dengan baik. Emang sih nilai turun, tapi woleslah, yang penting lewat kkm, lagian sekolah bukan nyari nilai, tapi nyari ilmu, ya kan? :)
Ngga kerasa pertengahan semester udah lewat, dan minggu depan mau classmeeting! Sekarang, gue lagi puyeng mikirin bahan cerpen buat lomba intern di Smanti yang gue ikutin, dengan tema "France with Love". Ckck, ngga ada inspirasi nih, padahal tanggal 26 Oktober batas deadline-nya. Rencananya sih mau remake cerpen yang pernah gue post di blog ini, makanya gue apus jadi entar mau post ulang haha. Semoga cepet selesai deh, gue emang seneng banget nulis soalnya \(^o^)/


Ngomong-ngomong soal nulis, gue pengen share manfaat menulis dari beberapa sumber yang gue baca , diantaranya :



-Menurut James W Pennebaker, Ph.D., Professor of Psychology dari University of Texas dan penulis buku “Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions“, kondisi mental orang-orang yang terbiasa mengekspresikan emosi atau unek-unek dengan menulis, lebih stabil dibandingkan orang-orang yang tidak biasa menulis.

-Harvard Business School pernah melakukan penelitian tentang hubungan antara memiliki cita-cita & menuangkannya dalam bentuk tulisan, dengan pencapaian cita-cita tersebut. Hasilnya, sebagian besar responden (84%), ternyata tidak punya cita-cita. 13% punya cita-cita tapi tidak menuliskannya. Dan hanya segelintir orang, yaitu 3%, yang punya cita-cita dan menuliskannya. Setelah 1 tahun, seluruh responden itu dicek lagi perkembangannya. Ternyata, 13% orang yang punya cita-cita tapi tidak menuliskannya, memiliki penghasilan 2x lipat dibandingkan 84% orang yang tidak punya cita-cita. Dan, ini yang penting, 3% orang yang punya cita-cita dan menuliskannya, memiliki penghasilan 10x lipat dibandingkan 97% orang sisanya.

-Benjamin Franklin, salah seorang presiden AS mengatakan, "Jika Anda tidak ingin dilupakan seseorang setelah anda meninggal, maka tulislah sesuatu yang patut dibaca atau berbuatlah sesuatu yang patut diabadikan dalam tulisan."

-James W. Penebeker, seorang ahli psikologi mengatakan bahwa menulis merupakan metode yang tepat untuk memahami dan memecahkan gejolak pribadi.


So guys, banyak banget ya keuntungan dari menulis? Dari sudut pandang gue sendiri, menulis itu bisa membuat kita lebih kreatif, mengembangkan imajinasi, menguatkan ingatan, dan menghilangkan stres, soalnya entah kenapa setiap gue menulis rasanya enak gitu, ada kesenangan tersendiri. Berbagai ungkapan di atas juga gue rasa ada benarnya dan ngga ada salahnya kita mulai menulis sejak dini...
Oke deh, segini dulu ya kawan, mau lanjutin bikin cerpennya hehe, doain ya semoga menang abis ga pernah menang sih *ngarepajaah* #dilemparsepatu
Semoga bermanfaat :)

Komentar