Langsung ke konten utama

Welcome Ramadhan !

Selamat datang Bulan Ramadhan !
Wah, lusa udah tanggal 1 Agustus adalah waktu ibadah puasa yang paling aku tunggu setiap tahun. Dan kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, baru pertama kali aku puasa dengan mayoritas teman yang juga puasa. Hehe, karena sekarang aku sekolah di SMA Negeri 3, sedangkan dari TK sampai SMP di Mardi Yuana. Hmm, kangen banget sih sama suasana dulu saat aku puasa dalam minoritas, seru aja, ngga sedikit temen-temen yang ngga enak sama aku karena saat jam istirahat mereka terkesan "menggoda", lucu ngingetnya. Malah ada yang minta maaf berkali-kali karena ngga sadar pernah ngajak aku ke kantin. Haha, ngga masalah kok, kalo makan dan minum masih bisa ditahan, toh udah banyak pengalaman juga puasa sendiri, jadi udah biasa. Nah es-mo-si itu yang sulit hehehe... Pokoknya dulu lebih tertantang dan menguatkan iman karena di tengah pluralisme yang cukup mencolok. Tapi, bukan berarti sekarang mudah dilewati, tetap sulitlah, dan harus lebih baik lagi ! :)


Sekarang, pengen berbagi perihal tentang Ramadhan nih !
Bahwasanya Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang berarti :
"Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..."


Ramadan itu ternyata berasal dari akar kata ر م ﺿ , yang artinya adalah panas menyengat atau kekeringan khusunya pada tanah. Bangsa Babylonia yang budayanya pernah sangat dominan di utara Jazirah Arab menggunakan luni-solar calendar. Sejak pagi hingga petang rasanya seperti terpanggang oleh sengatan matahari musim panas yang waktu siangnya lebih panjang daripada malamnya. Di malam hari panas sedikit reda, namun sangat singkat. Demikian terjadi berulang-ulang, sehingga setelah beberapa pekan terjadi akumulasi panas yang menghanguskan. Hari-hari itu disebut bulan Ramadan...

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan kalender Hijriyah (sistem penanggalan Agama Islam). Dan di bulan ini, sungguh banyak sekali rizki yang diturunkan Allah SWT. Bulan ini juga yang telah dipilih oleh Allah SWT diadakan suatu malam yang sangat tinggi nilainya, yakni “Malam Lailatul Qadar”
Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan ramadhan bulan yang penuh berkat. Allah telah menfardhukan atas kamu berpuasa didalamnya. Dibuka didalamnya segala pintu syurga, dikunci didalamnya segala pintu neraka, dan dibelenggu didalamnya segala syaitan. Didalamnya ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (malam lailatul qadar). Barangsiapa tiada diberikan kebajikan malam itu, maka sesungguhnya tidak diberikan kebajikan kepadanya.”
Bulan ini juga memperingati Nuzulul Qur'an pada 17 ramadhan yang disambut setiap tahun untuk memperingati hari turunnya ayat Al-Qur'an untuk pertama kalinya oleh sebagian muslim. Pada peristiwa tersebut surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5 diturunkan pada saat Nabi Muhammad SAW sedang berada di Gua Hira.
Yang pasti, banyak keutamaan lain dan faedah yang kita dapatkan jika kita banyak berbuat baik, membaca Al-Qur'an, bersedekah. sabar menahan nafsu dalam berbagai hal, semua itu akan dilipatgandakan pahalanya dalam bulan suci ini.
Dan tentunya untuk mayoritas kita kaum wanita pasti sangat sulit menjaga lidah, ayo-ayo kawan, sebaiknya koreksi diri sendiri dulu sebelum mencari kesalahan orang lain ya. Itu salah satu alasan kenapa aku lebih suka berteman dengan cowo, hahaha. Yah, bukannya sok suci sih, kalo lagi kesel banget kadang ya ngga bisa ditahan kalo emang ngga suka dia, haha. Tapi jujur, sedikit ngga sreg kalo ngomongin orang, karena sama saja kita menghina ciptaan Allah, betul ? :)

Sekian, selamat menunaikan Ibadah Puasa ...
~Dari berbagai sumber :)

Komentar