Langsung ke konten utama

2013, I Found Myself...

2013

Tahun yang beda banget buat gue.
Tahun dimana gue nemuin sesuatu.
Tahun dimana gue berani ngelakuin hal-hal di luar "zona aman".
Tahun yang... Hmm, can't describe by words, for real.

Yang sangat gue petik di tahun ini adalah,

Satu.
Bagaimana suatu keputusan kita, sekecil apapun, berpengaruh besar di tahun-tahun berikut.
Jangankan keputusan kita, keputusan orang-orang di sekitar kita pun ikut mempengaruhi kita.
Dan jangankan pula, suatu keputusan. Satu kalimat, atau bahkan satu tweet aja bisa juga ngerubah jalan hidup kalian.
A single word can change your whole life.
Ngerasain nih. Salah satu kesalahan gue.
Bijak ya manfaatin akun jejaring sosial.
Walaupun masih suka ngedumel, tapi lagi usahain kalo "curcolan" yang gue tulis itu memang harus ada.
Ngga ngerti? Ngga perlu ngertiin kok... Maaf kalo gue aneh. Dan keras kepala.

Dua.
Ngerasa banget hidup setiap orang itu punya keunikan masing-masing.
Coba ceritain hidup kalian dari lahir sampe sekarang.
Ngga ada yang sama kan?
Skenario yang dibuat oleh-Nya memang tiada bandingan.
Makin gede, gue makin ngerti artinya TANTANGAN, dan buat apa TANTANGAN ITU ADA.


Januari-Februari-Maret-April-Mei-Juni-Juli-Agustus-September-Oktober-November-Desember

Alhamdulillah, 12 bulan yang luar biasa dari Allah, dengan 5 bulan yang rasanya macem-macem. Seneng, sedih, kecewa, haru nyampur jadi satu dan bener-bener kerasa di 5 bulan itu. Yang pasti gue bersyukur banget, semuanya membuat gue belajar lebih. 

Pertama-tama mau ucapin terima kasih dulu untuk kelas 11 IPA 1, Evensoul, dan 12 IPA 5, Cloesive yang udah jadi kelas gue di 2013 ini. Kalian semua hebat, calon orang sukses. Makasih udah ngasih gue banyak pelajaran berharga dan bantu gue buat berubah. Makasih udah mau jadi temen-temen yang ngga akan pernah terlupakan. 
Makasih buat semua kenangannya, terutama EVS...
Cloesive, kita masih punya beberapa bulan lagi untuk bersama :')
Maaf ya kalo Nindy nyebelin. Emang begini orangnya. Tolong ingetin terus ya... 


1996-2013.
Januari, memulai awal semester 2 di kelas yang berisi dewa-dewa.
Lupa ada apa yang perlu diceritain, dasar pikun haha -_-

Februari, bahagia menghadiri lulusan S1 abang yang akhirnya bergelar ST dari UI, dan InsyaAllah akan mengikuti jejaknya di tahun berikut... Aamiin!

Akhirnya ngerasain umur 17 di bulan Maret, yang kata orang sih lagi paling serunya. Awalnya mungkin nganggep biasa aja, toh umur berapapun juga harus kita syukurin karena kita ngga tau kapan kita harus menghadap. Tapi yang beda, entah kenapa baru umur ini gue baru nyadar dan berfikir ngga mau hidup kaya gini-gini aja. Masih bingung. Ngapain ya. Apa yang gue harus ubah? Anak SMA bisa apa?
Tiba-tiba teringat. Dari awal kelas 11 memang ada satu target yang waktu itu belom kecapai, karena dapet petunjuk dari suatu mimpi... Dan akhirnya sempet tenggelam, gue anggep bunga tidur aja. Sampai akhirnya di momen ultah kemarin, sahabat gue ngasih sesuatu yang beda. 
Yunita, itu kado kamu. Kado yang bangkitin semangat aku lagi. Ngga pernah nyangka sebelumnya kalo ada orang yang bakal ngehadiahin itu, di saat aku belom pake. Jujur, setelah buka kado itu aku sempet ke kamar terus nangis. 

So, at that time I got my first plan! I have to wear it.

Bingung, gimana cara mulainya.
Gimana minta ijin. Padahal ngga harus ijin.
Kondisinya susah.
Keluarga besar sama teman-teman lama banyak yang berbeda.
Tapi gimana? Bukan mereka yang nentuin umur gue. Kalo besok gue udah ngga ada gimana?
Yaudah. Bismillah. Usaha dulu.

Oke, itu di bulan Maret. Jalanin kehidupan sekolah lagi seperti biasa. Alhamdulillah dikasih kesempatan ikut OSK bidang MTK di bulan April, entah gue sedikit mengandalkan kehokian karena persiapan sedikit banget, dan akhirnya dapet peringkat yang hampir nyerempet buat lanjut ke OSP. Belum waktunya, sebenernya sih ngga ngerti juga kenapa bisa dapet segitu, yang pasti itu rizki dari Allah dan dukungan dari keluarga juga temen-temen, tanpa kalian Nindy ngga akan bisa...
Satu lagi yang menarik di bulan April, adalah perayaan Hari Kartini di SMAN 3 Depok. EVS! Kalian inget kan? Kita jadi juara umum karena menang di 4 perlombaan haha, juara 3 di lomba padus, menghias makanan, fashion show, dan stand-up! Kereeeen!! Terbukti kita juga kompak di bidang non-akademis :D



Mei-Juni. Masa-masa paling deket sama temen-temen IPA 1, karena udah mau pisah. Apalagi buat yang ikut study tour ke Bali pasti pada bahagia banget doong haha, sayangnya gue engga...... Eits, buat yang ngga ke Bali kita-kita juga pada jalan nih. Judulnya keren lagi. Depok Touring. Wkwkwkwk, walaupun cuma keliling Depok dan gue kebagian naik angkot bareng cewe-cewe lain, kerasa banget serunya! Justru disini kebersamaan kita erat banget. Aaaa jadi kangen kalian semua ({})

Juli. Paling ditunggu-tunggu karena bulan suci akan datang. Iya, gue susah banget disuruh makan (entah kenapa tetep gendut) makanya seneng kalo puasa. Hahaha ya ngga gitu juga sih, kesempatan kita buat menyucikan diri dan optimal beribadah karena pahalanya berlipat~ And, I remembered about my plan again. Surely it will be my chance, I thought. At first I didn't have any courage to ask again, because I already got ignored before. Then, I was so afraid if I couldn't get it. Hopeless. But... That dream was so real, it might be a mark from Allah.
And for the last effort, I tried...
With teardrops...
Out of my logic. Finally she gave me a permission.
Thanks mom........
And I always pray for you too, hope one day you'll be like us, because I love you, really really love you :')

22nd of July, for the first time I started to wear hijab...
They asked me, whether I wore because of Ramadhan or what. I still shy. I know I'm not a good girl. Maybe I'm not deserved. But I just wanna be better.
After I answered, some of them hugged me. So tight. It surprised me, because I didn't know why their acts would be like that. Moreover, unknown friends also congratulated me, oh my, I'm sorry I didn't know your name... They showed their supports, even also gave me the hijab in the next. Thanks, Gita and Nana :')

Agustus.
How does it feel, if your idol hug you? 
I felt it. I couldn't say anything. Just hugback with few teardrops.
2nd of August. Did you remember? Evensoul's? :')
Maybe she didn't notice anything at school. When I came to the party, she saw me with smile and her round-eyes. Suddenly you called my name, hold my hand, and then hugged me so tight.
My heart beat so fast. I really wanna said this to her, but... I didn't...
"I'm being like this, because I really adore you, from the first time I saw and I heard your voice, in tenth grade. So beautiful. Then, Allah brought us to the same class. You're one of my inspiration. I'm so lucky to meet you. And now you're hugging me, feel like I get something special from my idol. Thank you very much, sis. Allah bless us always..."
Who is she?

Pengen tau aja sih. Kepo wkwk. Mungkin sih pada bisa menerka-nerka ya. Yang tau jangan dibilangin ke orangnya ya... Aku malu hahahaha. Tapi kalo suatu saat kamu baca ini sendiri, yaudah lah ya takdir mungkin... Intinya aku cuma mau bilang terimakasih, laki-laki yang jadi pasangan hidupmu is the luckiest man ever!
Ramadhan paling berkesan selama 17 tahun gue hidup emang tahun 2013 kemaren. Ya Allah seneng banget...
Dan memang berkah Allah itu ngga pernah putus. 17 Agustus, hari kemerdekaan Indonesia, hari kemerdekaan juga buat hati gue yang dag-dig-dug nunggu pengumuman lomba blog yang diadakan Youth_ESN dan USBI.
Alhamdulillah... Bisa ngeraih peringkat 2 dan bener-bener di luar dugaan gue... Pas baca pengumuman langsung nangis... Hampir aja matanya kena pisau pas ngusep air mata... Soalnya lagi ngupas wortel wkwk *skip*
Padahal sebelumnya cuma iseng, ngisi waktu liburan pas bulan Juli yang udah bingung mau ngapain, ngga taunya dikasih rejeki besar kaya gini :'D
Nih link artikelnya hahaha siapa tau manfaat *:P tongue
http://storyofvianindya.blogspot.com/2013/07/school-is-masterpiece.html

September.
Masa lupa di bulan ini ada apa hahaha. Mungkin lagi mulai sibuk-sibuknya tugas di kelas 12 dan ngejalanin semuanya di kelas yang baru, Cloesive. Awalnya diem-dieman banget, pada jaim, iya gue juga wkwk. Tapi ternyata seru, mulai keliatan sih pas bukber tanggal 1 Agustus udah agak nyatu haha.
Yang pasti sebulanan ini galau cuma karena bingung ada yang harus gue putusin di bulan Oktober...
26 Oktober. Ikut pensi sekolah? Atau harus ikut konferensi dari yang ngadain lomba di atas?
Ada 2 hantu di sekeliling gue.
"Nin, pensi terakhir lho... Terakhir di Smanti... Ngga nyesel apa ngga ikut seru-seruan? Cape kali ga udah-udah udah mikir mulu di sekolah kagak pernah refreshing? Kan konferensinya 2 hari, yaudah ikut hari kedua aja..."
"Nin, tau diri dikit lah... Udah dikasih kesempatan sebesar itu masa masih pengen dua-duanya. Apapun yang setengah-setengah ga bakal bener dah. Penyesalan dateng belakangan, awas aja sampe entar nyeselnya yang ga udah-udah walaupun seru..."
Duh ilah ikut yang mana......

Dateng deh Oktober. Masih inget, tweet gue di tanggal 1 adalah, "October, full of challenges! Bismillah..." dan alhasil malah jadi kenyataan. Belajar, apapun yang kita katakan tanpa sadar bisa benar-benar terjadi...
Cepet banget -_- dan masih belom nemu keputusannya. Nanya orangtua, semuanya terserah gue, iya sih gue harus bisa mutusin sendiri, karena gue yang jalanin. Tapi gimanapun butuh saraaan -_- akhirnya mungkin karena abang gue liat gue yang pusing setengah mati, ngeluarin kata-kata pamungkas yang sangat jleb. Okeh, mendadak 100% gue mutusin ngga ikut pensi. Wakakak. Emang ya cowo, hebat.
Mikirnya simpel, tapi ngena. Oke berusaha buat jadi cewe yang ngga egois juga, kali ini ikutin saran abang yang tak terbantahkan itu.

Sebelumnya ada BKUI (Bedah Kampus UI) nih tanggal 19 Oktober! Di sana bareng-bareng sama 2 sahabat gue di Smanti, Tazki dan Nawang! Mereka berdua adalah pemilik otak jenius dan bangga banget bisa ketemu mereka. Semoga di 2014 kita masih bisa berjuang untuk almamater yang sama, dalam jaket kuning :')

Teknik Komputer UI 2014! Aamiin ya Allah...

Nawang-Tazki-Nindy!

Sip, dateng 26 -27 Oktober, NFEC 2013 I'm coming! NFEC ini kepanjangan dari National Future Educators Conference, intinya disini adalah wadah pertemuan 150 pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia yang peduli dengan pendidikan bangsa, dan yakin mereka bisa jadi pengajar dan pendidik muda yang membawa perubahan untuk masa depan Indonesia. Oke berat banget bahasanya hahaha.
Tapi beneran deh, gue minder. Minder dari segala minder. Kebanyakan mahasiswa atau yang udah pada kerja. Anak SMA yang hadir juga ngga kalah kerennya. Apalagi yang juara 1 lomba blog hehe Laili Teja! Dia akselerasi lho haha dan sekarang sama-sama kelas 12. Sukses yaa Laili semoga bisa masuk FKG UGM!
Semua orang yang gue temuin bener-bener orang hebat, seneng banget bisa mutusin hal yang tepat.

Bawa nama COSS Smanti nih. Kata orang-orang almetnya bagus wkwkwk lanjutkan ya Smantiers!

With Laili Teja!



Outdoor!


Indoor!

2 hari yang lebih dari sekedar berkesan. Walaupun pulangnya stalking TL Twitter dan banyak banget yang nge-tweet kalo pensi kali ini yang paliiiiiing keren selama 3 tahun. Entah harus sedih apa seneng. Yang pasti mau ucapin selamat dulu untuk panitia OWL Season 2013 kemaren, hebat bisa sukses besar!
Kebahagiaan memang butuh pengorbanan. Well, Allah has showed me a great way! Alhamdulillah...
InsyaAllah kalo diberi kesempatan bakal dateng ke Pensi Smanti lagi walaupun udah lulus dari sana :D

Oktober yang penuh ceritaaaa, lalu berlanjut ke bulan November. Di bulan ini adalah bulan yang sedang pusing-pusingnya. Banyak tugas, ulangan, presentasi, jam 0, TO, ditambah remed-remed lucu yang menemani hari-hari gue hahaha. Terus banyak juga kebetulan yang unik. Haha ga perlu diceritain disini kayanya :p
Hasil TO sekolah keluar :'' jelas ngga memuaskan kalo itu adalah nilai UN, tapi untuk saat itu mungkin cukup memuaskan. Bersyukur ya Allah. Karena selama ini Nindy ngerasa tertinggal belajarnya dari teman-teman lain. Semoga jadi semangat baru supaya bisa meningkatkan nilainya lagi!

Jeng jeeeng. Desember. Last month.
Di sini nih bulan yang bener-bener nyampur rasanya. Apalagi flashback ke 11 bulan sebelumnya yang bener-bener beda dari tahun yang udah lewat. 1 tahun aja ceritanya udah luar biasa. Bener kalo dibilang hidup itu panggung sandiwara, kita yang memilih untuk jadi aktor seperti apa, dan dibaliknya ada Allah sebagai sutradara terhebat.
Again, alhamdulillah, hasil rapor semester 5 kemaren rizki lagi dari Allah. Akhirnya ngeraih apa yang udah lama ngga gue raih. But sometimes, feel like I don't deserve that. Ngerasa banyak yang jauh lebih belajar keras dari gue. Banyak banget temen-temen yang udah bantuin gue belajar, tanpa kalian gue mustahil ngeraih ini... Makasih banyak ya... Inget tweet dari admin Twitter EVS, "Ranking bukan masalah, yang penting kita dapatkan murni dari usaha kita, alhamdulillah :)".
Kita akan sukses bareng ya kawan-kawan South East! We're proud to be SouthQueen and SouthKing!

Tak lupa, mau berterimakasih juga untuk kak Pricilia Shinta Maharani, yang udah ngajak gabung ke grup ODOJ, tepatnya ODOJ 580. Awalnya mungkin ngerasa berat karena ngga pernah ngejalanin one day one juz, dan mikirnya, "gimana bisa??" ternyata salah. Dan ternyata lagi, semuanya cuma butuh sekitar sejam sehari......
Yaampun, ngerasa ngapain aja coba selama ini. Kadang belajar maksain berjam-jam walaupun ngantuk tetep aja dibelain. Masa yang ini ngga sih. Alhamdulillah disadarin lagi. Subhanallah grupnya selalu bisa bangkitin semangat! Bismillah semoga tetap istiqomah ngejalaninnya :')

Allah cabut apa yang buruk untuk gue,
dan menggantinya dengan yang jauh lebih indah.
Allah ngga pernah kasih sesuatu setengah-setengah.
Selama kita niat, akan dijaga terus.
Entah, gue merasa bersyukur banget bisa menjadi "gue" yang sekarang.
Nikmat banget rasanya kalo udah bisa nangis pas sholat.
Sebelum tahun kemarin, ngga pernah. Ngga tau kenapa.
Hati gue masih beku.
Tapi setelah banyak hidayah, segalanya kian berubah.

Masih ada satu hal lagi yang mau gue ungkapin.
Takut.
Tapi harus berani.
Entar dikata frontal.
Ah sudahlah.
Anggep ngga ada yang baca tulisan ini.
Siapa juga yang mau baca curhatan sepanjang ini.....

Maafin gue, temen-temen semua...
Mungkin kalian menganggap gue berubah, gue egois, gue terlalu sok bener.
Dibilang tiga-tiganya, memang bener kok, sifat gue emang kaya gitu, dan masih susah gue ubah.
Satu lagi, gue keras kepala. Apa yang gue anggep bener akan gue pegang terus.
Kecuali emang gue salah.
Tapi untuk ini, gue ngga merasa salah.
Yang lain pun InsyaAllah mendukung.
.........................................................................................................

LAKUM DIINUKUM WALIYADIIN...
"Untukmu agamamu, untukku agamaku" 
QS. Al Kafirun : 6
Islam tidak pernah menghalangi umatnya untuk bergaul dengan agama lain. Hanya yang perlu diketahui, bahwa toleransi dalam Islam adalah menghormati dan menghargai, bukan dengan mengikuti, karena hal itu berarti mencampuradukkan akidah...
Di saat aku mengucapkan selamat hari raya untuk yang lain, sama halnya seperti aku mengikuti dan merayakan yang mana menentang kepercayaan sendiri...

Aku tahu dengan ini masih banyak dari kalian yang tetap belum paham.
Mulai dari aku berhijab, sampai sekarang aku memutuskan berkomitmen tentang perihal di atas.
Mengira aku berubah menjadi fanatik ataupun sejenisnya.
Aku sudah berfikir berulangkali sebelum yakin berkomitmen.
Aku terima resikonya.
Aku berani menanggungnya.
Aku siap bertahan.

Berbeda dari masa lalu, ya, aku tahu.

Tapi aku hidup untuk masa depan.
Adalah suatu kebahagiaan bisa mengenal kalian di sekolahku yang dulu...
Almamater yang selalu aku cintai walaupun berlabel kepercayaan yang berbeda.
10 tahun aku disana, dididik sehingga aku tumbuh menjadi gadis yang kuat.
Aku tidak akan pernah melupakannya.
Aku senang berteman dengan kalian.
Tapi ketika aku ingin berubah untuk kehidupan yang lebih baik, no one can stop me.
I already found myself...

Aku minta maaf akan perubahanku, tapi ini yang harus aku lakukan.
Maaf jika aku berbeda dengan yang lain.
Aku hanya ingin kita bisa hidup damai, tanpa salah paham.
Terimakasih untuk yang bisa mengerti aku, terutama sahabat-sahabatku.
Kalian adalah alasan mengapa aku akan terus bertahan dalam keputusan ini,

Okeee jadi galau gini haha, yaudahlah, pokoknya sebagai penutup tulisan ini, mau berterimakasih dulu sama Sinta dan Yunita yang pas banget kemaren tanggal 4 Januari 2014 udah kasih suntikan semangat!
Beruntung banget punya kalian...
Ngga nyangka masalah kalian pun lebih berat, tapi aku masih sering ngga bersyukur.
Makasih udah ngajarin dan nyadarin aku.
Makasih udah mau nerima aku yang sekarang.
Makasih udah mau terima penjelasanku.
Kita kuat! Cewe harus kuat! Kan calon ibu *:P tongue
Perbedaan bukan halangan untuk kita tetap bersahabat :')

Yunita-Nindy-Sinta!


2014! Sure will be more meaningful for us! Bismillah!

Ma, Pa, Bang, 
Nindy janji akan terus berusaha untuk perbaikin diri lagi dan ngebahagiain keluarga...

Komentar

  1. semangat nindy buat UI nya~~ ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Lailii, semoga kita sukses bareng ya!
      Sampai jumpa dengan almamater baru nanti :D

      Hapus

Posting Komentar