Langsung ke konten utama

Salah

Detik. Menit. Jam. Hari. Minggu. Bulan. Triwulan. Caturwulan. Semester.
Bulan apa sekarang? November? Dan 5 Desember besok gue udah ujian akhir semester 1?
Padahal kemaren rasanya baru aja gue daftar di Smanti, dengan was-wasnya melototin jurnal, terus masuk *alhamdulillah*, terus MOPD, ikut Placement Test, yang akhirnya menempatkan gue di kelas X-3. Awal-awal berat jalaninnya karena di lingkungan baru, tapi sekarang? Bersyukur deh udah lumayan betah dan nyaman dengan teman-teman baru :)


Banyak banget yang gue dapet di sini. Salah satunya adalah belajar ngehargain waktu. Tugas-tugas yang bejibun dan ulangan beruntun buat gue ngerasa 24 jam dalam sehari itu ngga cukup. Yah, dan sekarang kelabakan nyiapin diri buat ujian semester sedangkan gue bener-bener ngerasa belom siap...
Padahal temen-temen gue udah banyak yang ujian sejak hari Senin kemaren, harusnya gue sadar untuk berusaha lebih siap dari mereka, tapi kenapa niat buat belajar itu susah banget?

Gue sendiri yang pernah bilang dan pernah berfikir, nilai tinggi sama sekali ngga jamin keberhasilan di depan nanti. Nilai itu hanya torehan tinta hitam di rapot yang kadang tinggi entah datang darimana.

Dan baru sekarang gue sadar setelah nilai gue banyak turun, sebagian persepsi gue salah. Belajar, bisa hasilin nilai baik. Belajar itu, sebagian dari tanggung jawab sekarang. Tanggung jawab itu, berasal dari kesadaran dan niat. Niat itu, darimana jika bukan benar-benar dari diri sendiri?


Gue seharusnya bersyukur punya orangtua yang cukup ngebebasin dalam belajar. Sampe sekarang aja terserah gue mau belajar depan TV, mau sambil twitteran, mau sambil jungkir balik juga yowes. Orangtua gue ngertiin gimana beratnya sekolah sekarang dan gue butuh istirahat. Mungkin agak berbeda dari beberapa temen gue yang, yah, bisa dibilang "sedikit mengharapkan" anaknya untuk selalu dapet nilai bagus. Alhasil ya mereka sedikit ngebatin.
Dan gue sama sekali ngga ngebatin, tapi kenapa sulit tumbuhkan niat untuk ngebanggain orangtua gue sebagai rasa terimakasih udah kasih kebebasan melebihi temen-temen lain? Ga ngerti kadang gue kenapa ga nyadar-nyadar.


Susah-susah biayain gue tapi gue menyia-nyiakan.
Maaf ya Ma, Pa...

Komentar