Langsung ke konten utama

OSK 2013!

Readers!
Kali ini, mau share sedikit nih foto-foto saat Olimpiade Sains tingkat Kabupaten/Kota atau biasa disebut OSK Depok 2013 pada tanggal 3 April lalu. Sebelumnya, ada sedikit testimoni dari gue haha. 

Hmm, sebelumnya, mau kasih ucapan selamat dulu ya untuk Mukhib, Rohmat, dan Yuri sebagai wakil SMAN 3 Depok yang berhasil lolos ke tingkat selanjutnya yaitu OSP! Congraaaaaaaaaats kawan!
Ini juga ada daftar anak-anak yang lolos, gue download dari disdik.depok.go.id, klik saja~
Siapapun mereka karena gue ngga kenal semua, selamat ya! Semoga bisa menjadi wakil Depok yang bisa mengharumkan nama Depok di Jawa Barat!


Hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN)
SMA Tingkat Kota Depok









Buat temen-temen yang belum lolos, tetep semangat ya, jangan sedih, banyak teman senasib kok wahaha (?) seengganya, kita udah mencoba dan alhamdulillah sudah berusaha memberikan yang terbaik kemarin, dengan usaha sendiri pastinya! Walaupun mungkin ngga sesuai sama harapan kita, percaya aja itu yang terbaik dari Allah, karena jalan menuju sukses bukan hanya dari ajang tersebut kan? Kita masih punya kesempatan masing-masing yang lebih besar! 

Kecewa? Iya. Tapi bukan dari gagalnya, itu mah gue woles wakakak, secara, realistis dan ukur kemampuan diri sendiri juga dibanding wakil-wakil dari sekolah lain. Ini bukan pesimis, hanya sadar kemampuan saja haha, yang penting perjuangan itu ada. Kecewanya gue, dari kondisi perlombaan yang ternyata dari tahun ke tahun semakin memburuk. Percaya ngga kalo di Olimpiade pun banyak orang yang bertindak curang -__- baik dari muridnya itu sendiri ataupun yang lain. Beberapa hari setelah perlombaan, yah banyak kicauan di Twitter yang nunjukkin kabar kalo ada yang nyonteklah, kerja sama lah, bahkan jual beli soal di berbagai tempat di Indonesia. Kabarnya, untuk yang berbuat seperti itu mereka didiskualifikasi dan sekolahnya diblacklist serta dilarang berpartisipasi selama beberapa tahun. Hmm, mungkin ini ngga etis ya untuk di-share sama gue? Tapi gue rasa ini udah jadi rahasia umum, udah banyak orang yang tau. Gimana sih pemikiran mereka semua yang bertindak kaya gitu? Bisa dibilang ya, aneh aja, bawa nama sekolah dan almamater kok gitu? Bukannya takut mempermalukan?

Untuk apa juga berhasil meraih sesuatu kalo didapat dari cara yang ngga bener. Menyedihkan banget rasanya kalo liat masalah kaya gini. Apa yang kalian kejar? Nilai bagus? Kebanggaan? Pujian? Gelar juara? Hadiah? Uang? Medali? Kasian buat mereka yang jujur...
Banyak orang yang punya paradigma, "hidup keras, udah ga bisa pake jalan yang lurus-lurus aja bro!" ya terus kalo yang jalan yang belok-belok itu berarti harus lo lakuin dengan cara yang ngga bener? Ya enggalah! 

Udah susah sih kalo mentalnya kaya gitu. Emang ga bisa dipungkirin, mungkin sistem dan tuntutan pendidikan juga udah buat kita cape ngikutinnya, jadi buat di sekolah aja udah pada pusing sendiri dan jadinya ngerjain tugas massal deh. Wkwk, kalo masih masalah tugas, masih wajarlah karena kita belajar bersama-sama ditambah waktu istirahat kita yang kurang karena jam sekolah padet? Ya ngga sih? Tapi bukan berarti tiap tugas nyontek itu sih kelewatan juga -___-"" usaha sendiri dulu yang terpenting.
Tapi untuk ukuran perlombaan kaya gini, masih aja dibawa mental kaya gitu? Guys, jangankan untuk perlombaan, buat ujian di sekolah aja deh, misalnya ujian akhir, itu udah tugas dan tanggung jawab kita masing-masing, bukan orang lain. Beda kan rasanya nilai jelek tapi murni daripada bagus tapi ada campur tangan orang lain *kok gaada yang enak* nah apalagi bagus dengan tangan sendiri :)

Juga masalah UN, yang lagi kacau tahun ini. Telat cetak, dijamin ga bocor bla bla bla SEPIK! Dari taun kapan juga semua orang tau pasti kunci bocor, mau dari tingkat apa juga. Miris ngga sih liatnya. Kesel juga sih ketika nilai itu mengambil hak orang yang seharusnya berhak...
If you know what I mean...

Gue tau semua orang pernah khilaf, pernah buat salah, gue juga, sering mungkin. Yuk, sama-sama perbaikkin diri, mulai dari hal kecil ini. Sekolah sama lomba bisa gue bilang ini hal kecil. Kenapa? Keduanya cuma batu loncatan sebelum kita masuk ke kehidupan sebenernya, sebab di luar itu masih banyak hal lain yang bisa kita lakuin buat sukses. 

Kalo jalan yang kita tempuh baik, InsyaAllah yang datang pada kita juga baik kok :')
 Terakhir, mau minta maaf buat semuanya karena gue belom berhasil. Tapi, jujur sesungguhnya meraih peringkat ke-15 bidang Matematika itu bener-bener buat gue kaget. Walaupun belum masuk ke tingkat selanjutnya tapi gue sangat bersyukur sama Allah bisa meraih pencapaian itu dan pastinya terimakasih buat dukungan dari orangtua, abang, guru, dan semua teman-teman yang selalu nyemangatin gue. Maaf belom bisa menjadi teman, partner, atau anggota yang baik selama ini...


Terimakasih Mukhib sudah jadi fotografer, gue baru nyadar lo sendiri ngga ada di foto-fotonya ._.










Komentar