Langsung ke konten utama

Tugas TIK 1 !

Welcome, blogger :)
Pada kesempatan ini, saya akan menuliskan berbagai hal yang melingkupi berbagai hal mengenai internet. Selamat membaca!

1. Sejarah Internet
      Pada tahun 1969, Departemen Pemerintahan Amerika Serikat membentuk suatu jaringan komputer yang saat itu direncanakan untuk keperluan militer melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advance Research Project Agency Network). Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, kapasitas informasi yang dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada mulanya, ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yaitu Stanford Research Institue, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan banyak universitas yang ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan mengatur lalu dipecah menjadi 2 yakni "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Lalu, apa nama penemuan tersebut? Akhirnya gabungan kedua jaringan tersebut kita kenal sekarang dengan nama INTERNET.

      Kini, hampir semua masyarakat sudah kenal dengan Internet. Internet terdiri dari jutaan komputer yang terhubung di seluruh dunia dengan cara sedemikian rupa sehingga informasi dapat dikirim dari komputer mana saja ke komputer lainnya dengan waktu yang sangat cepat. Karena jangkauannya yang luas, maka internet telah mengembangkan dasar komunitas yang kuat di mana informasi, perangkat lunak, dan saran-saran dari para ahli dengan bebas dan gratis dibagikan. Keuntungan inilah yang membuat masyarakat tertarik dan kemajuan jaman berkembang pesat berkat teknologi yang telah dikembangkan ini. Semua komputer yang terhubung ke internet akan tampak sama. Perbedaan paling mencoloknya hanya kecepatan koneksi, yang sangat tergantung pada modem dan Internet Service Provider.


2. Browser
      Browser adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, gambar, dan informasi lainnya yang dialokasikan pada halaman web pada sebuah situs web dalam World Wide Web atau Local Area Network. Teks dan gambar pada halaman web biasanya berupa hyperlink ke halaman web yang lain dari situs web yang sama atau yang lainnya. Web Browser memungkinkan pengguna mengakses informasi yang disediakan pada situs-situs web secara cepat dan mudah.
      Beberapa browser populer pada PC adalah Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, dan Apple Safari. Browser tersebut dapat dibedakan satu sama lainnya melalui fitur yang mereka miliki. Browser modern dan halaman-halaman web cenderung menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak dimiliki web pada awalnya.




3. Domain
      Domain Name System atau Domain Name Server (DNS) merupakan sistem yang menyimpan informasi yang berhubungan dengan nama-nama domain yang didistribusikan pada basis data di jaringan, seperti Internet. Selain berhubungan dengan nama-nama domain, DNS juga menyediakan alamat IP yang berhubungan dengan nama domain. Apa itu IP? Akan dibahas pada tulisan selanjutnya di bawah nanti.
Nama domain sangat berguna untuk mengingat suatu halaman web atau alamat email. Tanpa menggunakan nama domain, orang harus mengingat alamat-alamat IP, yang berupa angkam dari suatu halaman web atau email.

Top-Level Domain
Setiap nama domain diakhiri oleh Top-Level Domain (TLD) atau sering disebut juga First-Level Domains. TLD dibagi menjadi dua, yaitu :


  • g-TLD (generic TLD)
    g-TLD merupakan TLD yang digunakan oleh kelas-kelas organisasi khusus. Berikut ini adalah contohnya :
  1. .ac ~ untuk identitas mahasiswa/i atau universitas.
  2. .aero ~ untuk industri angkutan udara.
  3. .biz ~ intuk penggunaan bisnis.
  4. .com ~ untuk organisasi komersial, tidak terbatas.
  5. .edu ~ untuk bidang edukasi, sekolah.
  6. .gov ~ untuk departemen permerintahan dan agen-agennya.
  7. .info ~ untuk situs informasi.
  8. .mil ~ untuk militer Amerika.
  9. .name ~ untuk situs individu atau keluarga.
  10. .net ~ mulanya untuk infrastruktur jaringan, namun sekarang dibatasi.
  11. .org ~ mulanya untuk organisasi-organisasi, namun sekarang dibatasi.
  12. .travel ~ untuk bisnis pariwisata / perjalanan.
  • cc-TLD (country-code TLD)
    cc-TLD merupakan TLD yang digunakan untuk negara atau wilayah tertentu. Berikut ini adalah beberapa contohnya :
  1. .ae ~ Uni Emirat Arab
  2. .au ~ Australia
  3. .bn ~ Brunei Darusslam
  4. .de ~ Jerman
  5. .id ~ Indonesia
  6. .tv ~ Tuvalu
  7. .us ~ Amerika
  8. .va ~ Kota Watikan


4. URL
      URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators. URL merupakan cara standar untuk menspesifikasi lokasi suatu dokumen di suatu server, dapat juga diartikan sebagai lokasi dari sebuah file di dalam web. Dengan menggunakan URL, web browser dapat secara langsung menuju dokumen yang ada di server sehingga dokumen ini dapat diambil dari komputer mana saja pada Internet.

      URL standar terdiri atas 3 bagian, yakni :
  1. Format Transfer
  2. Nama Host
  3. Nama Direktori
Contoh bentuk umum URL :
http://www.goal.com/en/teams/england/97/man-utd/news
http://www                             : Format Transfer
goal.com                                 : Nama Host
en/teams/england/97/man-utd/news  : Nama Direktori






5. TCP/IP
        TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan protokol dan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet untuk mengirimkan data digital dari satu komputer ke komputer lainnya melalui internet. TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling populer dan merupakan dasar untuk penggunaan internet karena itu TCP/IP sering digunakan untuk memaksudkan Internet Protocol. TCP/IP akan secara otomatis ter-install pada Windows.
   
        Secara protokol komunikasi, TCP/IP tersusun atas beberapa lapisan, yaitu :
  • TCP ~ bertanggung jawab untuk mengirimkan data yang benar dari client ke server. TCP memiliki fasilitas untuk mendeteksi kekeliruan atau data yang hilang dan dengan cepat melakukan pengiriman kembali sampai data diterima dengan benar dan lengkap.
  • IP ~ bertanggung jawab untuk memindahkan paket-paket data dari node ke node.
  • Sockets ~ bagian ini merupakan nama yang diberikan pada paket yang menyediakan akses ke TCP/IP dari kebanyakan sistem.

6. Network
      Network/jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi melalui media kabel ataupun nirkabel (wireless). Jaringan juga dapat diartikan sebagai kumpulan terminal informasi di berbagai tempat yang berjumlah dua komputer atau lebih. Dua buah komputer sudah bisa dikatakan jaringan apabila sudah melakukan pertukaran informasi walaupun masih tergolong sangat sederhana.
       Contoh jaringan yang sering digunakan masyarakat adalah CAN (Controller Area Network), PAN (Personal Area Network), LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) WAN (Wide Area Network), dan sebagainya.



7. LAN
      LAN (Local Area Network) adalah merupakan jaringan komputer dalam suatu komplek perkantoran (perkantoran di sini artinya adalah dalam lingkup tempat yang relatif kecil, dalam daerah yang masih berdekatan) dengan jumlah komputer mulai dari puluhan hingga ratusan. Jaringan LAN dibentuk untuk kebutuhan dan kondisi antara lain beroperasi dalam ruan terbatas, mempunyai daya akses yang tinggi, koneksi secara full-time, dan kendali secara lokal. Contohnya, di sebuah SMA terdapat LAN yang terhubung dari Kantor Kepsek ke TU, Perpustakaan, Ruang Guru, Laboratorium, Ruang Multimedia, dan ke setiap ruang kelas.

8. WAN
       WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang lebih luas daripada LAN, bahkan sudah mencakup wilayah antar-negara. Ya, gabungan dari LAN akan membentuk MAN, lalu gabungan MAN akan membentuk WAN. Bisa dikatakan WAN adalah jaringan yang sudah mendunia karena cakupan wilayah yang sangat luas.





Sources : 
1. http://www.id.wikipedia.org
2. Buku Internet Essential-Web Assistant, Kompas Gramedia
3. Buku TIK SMA Kelas X Erlangga

Images Sources :

1. http://islt2012.com 
2. http://insights.chitika.com
3. http://howstuffworks.com
4. http://www.all-informationz.blogspot.com
5. http://static.ddmcdn.com
6. http://www.networkcablingsolutions.net
7. http://ml-ip.com 

Komentar